Thursday, June 23, 2016

Pendakian Gunung Sumbing 3371mdpl

malem gan.
Gunung Sumbing
Pada kesempatan ini ane mau menceritakan tentang pengalaman pertama ane mendaki gunung ni. Gunung yang ane daki pertama kali itu gunung sumbing. lumayan tinggi lah untuk ukuran gunung-gunung yang ada di Jawa Tengah.
Well, well..
ane dkk :)
Ane mendaki berlima. ane dkk dari pwt berangkat pukul 5 pagi dan sampe BC sekitar pukul 7.30. oh ya ane naik sumbing lewat jalur kledung, yang katanya jalur nya paling cepet tapi juga treknya terjal. nah jam tengah 8 udah sampe BC, lalu istirahat, makan, registrasi, ke WC dll.. Habis itu lanjut perjalanan pukul 9 pagi. Dimulai dengan berdoa dan nyapa2 pendaki yang ada di BC(sok kenal aja :v). Mulailah pendakian pertama ke gunung Sumbing.
Jalan menuju Pos 1 Sumbing
Awal pendakian memang masih jalan aspal dan landai, sampailah di jalan desa yang berbatu. Jalan mulai nanjak terus, dan kalau diliat-liat terus malah kaya ngga ada ujungnya 😢. Jalan menuju Pos 1 Sumbing itu lumayan mudah karena tinggal mengikuti jalan desa dengan material batu2an. Kalau mau mempersingkat waktu kalian bisa pakai jasa ojek menuju Pos 1 dengan kisaran harga Rp 20.000 .
Pos 1 Sumbing
Yah, setelah berjuang lama berjalan sampailah pada Pos 1 sekitar pukul 11 siang. Di Pos 1 ada juga warung yang berjualan dan juga pangkalan ojek. setelah beristirahat dan puas berfoto2. ane dkk melanjutkan perjalanan menuju Pos 2. Trek menuju Pos 2 lebih menanjak dari sebelumnya dan jalurnya sudah mulai memasuki hutan. Menuju Pos 2 tidaklah begitu lama karena memang jalurnya Pendek namun lumayan terjal. sekitar pukul 12.30 kami sampai di Pos 2. di Pos 2 ga ada pemandangan yang bagus jadi cuma istirahat sebentar lalu melanjutkan perjalanan menuju Pos 3.
Jalan menuju Pos 3 lebih terjal dari sebelumnya. Siap2 saja saat tiba di engkol-engkolan, Lutut ketemu dada dan dada ketemu lutut. Jalurnya terjal lumayan memakan tenaga. waktu menuju Pos 3 sekitar 1 jam setengah. Rombongan ane setelah sampai di Pos 3 istirahat sebentar. lalu lanjut untuk ngecamp di atas Pos 3(diPos 3 rame waktu itu). di Pos 3 agak ke atas sedikit itu bisa untuk mendirikan tenda, karena tempatnya yang banyak pepohonan dan juga tempatnya yang lumayan luas. Nah rombongan ane udah mendirikan tenda pukul 14.30 , istirahat makan ibadah dll.
Pemandangan Gunung Sumbing
Keesokan harinya kami melanjutkan perjalanan pukul 4 pagi menuju Pasar Watu. dan pukul 6 sudah sampai di Watu kotak. Kami melanjutkan perjalanan dari watu kotak ke puncak. Jalan yang ditempuh lumayan terjal dengan trek batu2an dan juga bau belerang yang sedikit2 tercium. oh ya Sekedar info, saat akan ke puncak ada juga mata air di sekitar jalur pendakian kalau mau naik posisi mata air ada di sebelah kiri jalur. Dan pada pukul 7.30 sampailah kami di Puncak Sumbing. pukul 8.30 kami mulai turun dan sampai BC pukul 2 siang. Kami bersih2 dulu di WC BC. lalu pulang pada pukul 4 sore. tapi sebelumnya kami mampir ke Warung Mie Ongklok di pinggir jalan , yang katanya Khas Wonosobo. kami sampai rumah pukul 19.30 .
ane :v
Ane dkk :v
Alhamdulillah kami sampai rumah masing2 tanpa ada yang kurang sedikitpun.